Search

Trash Talk! Indonesia Darurat Sampah dan Bagaimana Kita Semestinya.


Rabu 20/02/2019, Untuk pertama kalinya Nara Kreatif mengadakan talkshow bersama dengan salah satu co-working space ternama di Jakarta, Impact Hub. Menghadirkan narasumber dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bapak Ujang selaku Direktur Pengolahan Sampah, Angelique, selaku Head of Marcomm dari Nutrifood, Deasy pemilik usaha Kreskros, bagaimana pandangan mereka terhadap sampah sekarang ini dan pendapat mereka pentingnya belajar mengolah sampah untuk produk kreatif dan green lifestyle menjadi habit.

Menurut Deasy “Ditahun 2015 saja produksi kantong kresek meningkat menjadi 350 ton per tahun, bayangkan seberapa banyaknya ini semua ketika sudah menjadi sampah dan mengotori lingkungan” Deasy juga memaparkan bahwa dengan mencoba berkreasi dengan kantong plastik bisa mengurangi dampak plastik terhadap lingkungan. Menurutnya, plastic masih menjadi jenis masalah sampah terbesar di Indonesia ini.

Anggapan ini juga satu garis lurus dengan pernyataan Bapak Ujang selaku Direktur Pengelolaan Sampah untuk KLHK, bahwa 7,000 tons sampah yang dihasilkan Jakarta perharinya hanya lari ke Bantar Gebang, “Sekarang Bantar Gebang sudah mencapai 30 meter tumpukan sampahnya, 10 meter lagi bisa saja darurat” pernyataan ini muncul mengingat peristiwa di Leuwigajah, Cimahi kehilangan 157 warganya akibat meledaknya sampah akibat gas metana yang dihasilkan.

Untuk itu, masyarakat kita ini harus ada tindakan tegas yang dibuat agar sampah tidak terus bertambah dan membahayakan bumi. Menurut Bapak Ujang, hanya 9% sampah yang bisa di daur ulang, selebihnya tertimbun di tanah dan mengendap mencemari lingkungan.

Begitu juga Nutrifood, menurut Angelique Nutrifood sendiri membuat program green lifestyle untuk para karyawannya dalam keseharian mereka, supaya program ini membiasakan mereka dalam penerapan gaya hidup sehat dan mengurangi dampah pencemaran lingkungan karena sampah.

Trash talk merupakan acara dari Nara Kreatif untuk umum, dimana kami menghadirkan nara sumber maupun tokoh masyarakat untuk memberikan wawasan tambahan dan fakta-fakta terbaru mengenai sampah. Tidak hanya berbicara mengenai campaign 3R yang sudah kita ketahui semua di sekolah, bahwa sampah ini bisa menjadi sebuah hal yang berbahaya jika disepelekan, bagaimana kita sebagai masyarakat memiliki jiwa perduli dan kreatifitas terhadap sampah.

168 views

Follow Us:

  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon
Kantor Nara Kreatif
   

(021) 22826412

Jalan Penggilingan Baru 5 Nomor 143. Pondok Dukuh Indah 2, Nomor A1.  Dukuh, Kramat Jati. Jakarta 13540 Indonesia.  

Rumah Nara Kreatif

(021) 87782967

Perumahan Bumi Harapan Permai
Jalan Bumi Pratama III, Blok K – 4. Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur 13550.

PKBM Nara Kreatif

(021) 22092013

Jalan Pengilingan Baru 1 Dalam. RT 011 RW 04., Dukuh Permai Residence. Dukuh, Kramatjati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13550